HARDISK

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector


Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector ImageBad sektor yang terjadi pada hardisk secara umum terbagi atas 2 bagian yaitu kerusakan secara fisik dan kerusakan secara software atau juga dikenal dengan istilah Bad block dan bad sector. Kalau kerusakan hardisk secara fisik itu dikarenakan terkena debu terlalu banyak, jatuh, terkena benturan yang sangat keras dan lain sebagainya sehingga merusak komponen perangkat kerasnya.
Sedangkan kerusakan hardisk secara software itu dikarenakan saat hardisk tersebut sedang bekerja tiba-tiba komputer anda mati, misal karena mati listrik. Continue reading »

Memeriksa Kondisi Hardisk dengan Aplikasi HD Tune

Aug 31, 2011 by Under Tips & Trik - 5 Comments  
Hardisk merupakan komponen yang harus mendapat perhatian lebih pada sistem komputer. Baik atau buruknya kinerja hardisk akan sangat mempengaruhi performance komputer secara keseluruhan.  Dalam artikel ini saya akan men-share tentang cara memeriksa kondisi hardisk komputer menggunakan aplikasi HD Tune Hardisk Utility.  Aplikasi HD Tune dapat Anda download dari situsnya di www.hdtune.com.
Memeriksa Kondisi Hardisk dengan Aplikasi HD Tune Image
Pada aplikasi HD Tune ini terdapat 4 menu utama yang dapat kita gunakan untuk memeriksa kondisi hardisk, yaitu:
Continue reading »

Buffalo DriveStation Quattro, Extra Large Storage Media


Buffalo DriveStation Quattro, Extra Large Storage Media ImageSebenarnya prduk ini bukanlah produk baru yang keluar di pasaran, tetapi mengingat banyak yang belum mengerti cara kerja dan apa manfaat yang bisa diambil dari produk buatan Buffalo ini, maka kami mencoba membuat artikel agar semua bisa bisa tahu bagaimana cara memanfaatkan produk ini dengan sebaik-baiknya. Nama produknya adalah Buffalo Drive Station Quattro, hardisk ekstenal dengan kinerja maksimal.
Media penyimpanan data ini memiliki kapasitas sebesar satu terabyte yang dibagi dalam 4 buah hardisk secara fisik. Tetapi, pada pengaplikasiannya, 4 buah hardisk secara fisik tersebut bisa dibaca dengn beberapa cara yang menggunakan fasilitas RAID controler yang disediakan oleh buffalo. Proses pengenalan HDD eksternal ini cukup mudah, bisa menggunakan kabel USB atau menggunakan kabel eSATA drive yang biasanya tersedia pada notebook keluaran terbaru.
Selain untuk windows, buffalo juga menyediakan driver dan software untuk pengguna Mac OS. Bagi pengguna Linux dan variannya, buffalo tidak menyertakan softwarenya, tetapi kami yakin pecinta Linux akan tahu bagaimana cara menggunakan hardisk eksternal ini pada operating system Linux. Continue reading »

Seagate 1.5 TB FreeAgent desk USB 2.0 : Bebaskan datamu diruang yang lega dengan kekuatan dan perlindungan maksimal


Seagate 1.5 TB FreeAgent desk USB 2.0 : Bebaskan datamu diruang yang lega dengan kekuatan dan perlindungan maksimal Image
Kebutuhan kita akan media penyimpanan semakin lama semakin membutuhkan tempat yang luas dan lega baik penggunaan secara pribadi maupun kantor. Apalagi jika anda seorang kolektor data dengan file yang tidak kecil ukurannya seperti file data movie,software,desain dan sebagainya. Bahkan dengan kapasitas 500GB internal media penyimpanan dalam PC maupun notebook kita tidak mencukupinya.
Tentunya kita dapat menambah kapasitas media penyimpanan internal kita dengan mudah, namun ada hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya kemampuan power supply dari komputer anda karena besar kecilnya power supply akan sangat mempengaruhi kecepatan file transfer. Sedangkan power supply PC pada umumnya berjalan dikisaran 300 – 450 W. Masalah utama ketika asupan konsumsi daya tidak mencukupi, efek yang ditimbulkan adalah media penyimpanan internal anda tidak akan terdeteksi atau terdeteksi dan ada kemungkinan ditengah proses transfer akan terputus sehingga menyebabkan kerusakan pada data file anda. Continue reading »

Mobile Video HDD HV335T, Multimedia Player Mengagumkan


Mobile Video HDD HV335T, Multimedia Player Mengagumkan ImageMobile Video HDD HV335T, sebuah portable media player yang dapat melengkapi home theater di rumah anda. Dengan alat ini, anda dapat memainkan musik, menonton video maupun melihat slide show dari gambar-gambar favorite anda tanpa harus menggunakan media lain seperti PC atau Notebook. Kehandalan  alat ini untuk memutar musik maupun video, menjadikan produk ini menarik untuk anda nikmati bersama keluarga anda.
Untuk konektifitas dari alat ini, jangan khawatir karena produk ini telah didesign kompatible dengan media lain seperti PC atau notebook. Selain itu, Mobile Video HDD HV335T ini juga dapat dikoneksikan ke sebuah system jaringan melalui konektor RJ45. Continue reading »

Yang Perlu Anda Ketahui Ketika Membeli Hard Disk Drive Baru


Yang Perlu Anda Ketahui Ketika Membeli Hard Disk Drive Baru ImageHard disk drive merupakan media penyimpan data yang ada pada notebook atau desktop PC. Anda bisa menyimpan file musik, video, foto, dokumen penting dan data lain pada sebuah hard disk.
Jika hard disk pada dektop PC atau notebook sudah penuh, cara yang paling mudah untuk menambah ruang kosong adalah dengan cara menghapus file yang tidak dibutuhkan lagi. Jika tidak memungkinkan untuk menghapusnya, anda bisa saja mengompress data yang tidak begitu ke dalam bentuk ZIP sehingga kapasitas file menjadi lebih kecil yang tentunya akan menambah ruang kosong pada hard disk. Tetapi, cara ini tidak begitu efektif karena anda mesti bolak balik mengekstrak file ZIP jika ingin melihat data yang ada di dalamnya.
Cara yang paling efektif adalah dengan cara membeli hardisk baru sebagai tambahan dari hard disk utama pada komputer atau notebook. Jika bingung ingin membeli hard disk seperti apa, jenisnya bagaimana? Ikuti petunjuk singkat berikut ini. Continue reading »

0 komentar:

Posting Komentar